Yakuza Kelompok Kriminal Terkaya di Dunia dengan Kekayaan Rp 957 Triliun

yakuza

KlikSeru.com – Kelompok mafia Jepang, atau Yakuza menjadi kelompok kriminal teroganisir paling kaya di dunia. Khususnya kelompok Yamaguchi-gumi yang memiliki kekayaan mencapai US$ 80 miliar atau setara Rp 957 triliun.

Jika dibandingkan dengan jumlah kerugian dari tindakan kriminal di AS, pada survei Javelin Strategy and Research, dari perusahaan Greenwich Associates LLC, tahun 2013, senilai US$ 20 miliar atau setara Rp 239 triliun. Sementara kerugian negara dari penjualan kokain mencapai US$ 34 miliar setara Rp 407 triliun.

“Penghasilan Yamaguchi-gumi umumnya dari narkoba serta pendapatan lain,” papar mantan kepala polisi Hiromitsu Suganuma.

Suganuma menambahkan, penghasilan terbesar juga disumbang dari judi, penyiksaan, sengketa, jasa keamanan hingga uang dari memeras. Kuatnya budaya dan karakter anggota Yakuza disinyalir menyulitkan pemerintah Jepang untuk menyingkirkan kelompok mafia ini.

Berdasarkan rilisan majalah Fortune edisi 15 September 2014, posisi mafia terkaya kedua ditempati kelompok Solntsevskaya Bratva dari Rusia dengan kekayaan US$ 8,5 miliar setara Rp 102 triliun.

Peringkat ketiga dan keempat ditempati mafia Italia bernama Camorra dan Mafia dari Meksiko bernama Sinaloa Cartel. Masing-masing memiliki kekayaan sejumlah US$ 4,9 miliar dan US$ 4,5 miliar. Demikian dilansir dari Tribunnews, Rabu (17/9).

Yakuza Kelompok Kriminal Terkaya di Dunia dengan Kekayaan Rp 957 Triliun | Klik Seru | 4.5

loading...