Uniknya Tradisi Gulat Unta di Turki

gulat unta

KlikSeru.com – Mungkin Anda pernah melihat ada tradisi Matador di Spanyol, atau ada juga adu ayam. Namun bagaimana dengan gulat unta? Tentunya Anda belum pernah mendengar atau bahkan belum pernah melihatnya.

Gulat unta adalah olahraga tradisional yang sangat populer di pantai barat Turki, di mana para unta jantan dari desa lokal setempat diadu di sebuah stadion.

Sebelum bertanding, unta-unta itu dihiasi terlebih dulu dengan kain bercorak, pelana yang diukir, dan lonceng. Acara gulat unta biasanya juga disertai dengan musik dan tari. Bukan hanya untanya yang dihias, para pemilik unta juga berdandan dengan memakai topi, syal, jaket, celana dan sepatu bot.

Pada malam sebelum turnamen, panitia menggelar sebuah pesta untuk para pemilik unta dan pecinta gulat di mana mereka bisa bertemu teman-teman baru dan kenalan lama sembari menikmati makanan dan minuman yang dihidangkan.

Dilansir dari Amusing Planet, Sabtu (30/8/2014), masalah terbesar yang dihadapi dalam gulat unta adalah cara meyakinkan para unta untuk mau melawan satu sama lain. Unta tidak dilahirkan untuk bertarung antara sesama mereka. Maka jangan heran, jika gulat unta jadi lebih mirip acara lawak yang dilakukan oleh para unta.

Festival ini biasanya diselenggarakan selama musim kawin – ketika unta jantan sangat ingin memenangkan perhatian dari betina. Untuk membuat unta jantan bergulat, seekor unta betina akan dipertontonkan untuk menarik perhatiannya. Kadang-kadang, ada pula unta yang lari dari arena sehingga kemudian lawannya dinyatakan sebagai pemenang. Untungnya, pertandingan ini tidak meninggalkan cedera serius pada tubuh unta, sehingga menghilangkan tuduhan atas adanya penyiksaan pada hewan.

Pertandingan berlangsung selama tidak lebih dari 10 menit, dan biasanya hakim memberikan poin kepada hewan untuk gayanya ketika bertanding, bukan hewan yang bisa mengakibatkan cedera serius pada lawannya. Tradisi gulat unta sendiri berasal dari budaya suku-suku Turki yang telah berusia lebih dari 2.400 tahun.

loading...
Uniknya Tradisi Gulat Unta di Turki | Klik Seru | 4.5