Uniknya Perayaan April Mop di Seluruh Dunia

april mop

KlikSeru.com – April Mop yang kerap diperingati setiap tanggal 1 April oleh kebanyakan negara dunia memang identik dengan kebohongan. Meski hingga saat ini latar belakang sejarah April Mop masih simpang siur. Namun kebanyakan orang percaya bahwa ketika kalender Gregorian disesuaikan pada tahun 1500-an, Tahun Baru dipindahkan dari 1 April menjadi 1 Januari.

Untuk itu, mereka yang masih merayakan tahun baru pada tanggal 1 April dianggap bodoh. Latar belakang sejarah yang simpang siur dan kepercayaan masyarakat yang berbeda-beda menyebabkan perayaan April Fool di semua negara sangat berbeda. Berikut adalah beberapa contoh perayaan April Mop di beberapa negara, seperti dilansir oleh Time.

1. Prancis

April Mop di prancis dikenal sebagai Poisson d’Avril atau April Fish. Di Italia, ini juga disebut Pesce d’Aprile. Secara tradisional anak-anak sekolah akan menempelkan gambar ikan pada punggung teman sekolahnya sebagai bentuk kejahilan. Setelah itu, mereka hanya menunggu sampai teman tersebut mengetahuinya.

2. Skotlandia

Orang-orang Skotlandia sangat menikmati lelucon dan merayakan April Mop selama dua hari hingga tanggal 2 April. Hari pertama disebut sebagai Hunt the Gowk Day. Pada hari ini mereka meminta seseorang mengirimkan surat yang isinya meminta orang yang menerimanya melanjutkan, sehingga surat tersebut menjadi berantai. Sementara hari kedua dikenal sebagai Taily Day yang dipenuhi lelucon dan saling mengejek antar teman.

3. Iran

Hari ke-13 Tahun Baru Persia yang disebut Sizdah Bedar biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Pada saat ini banyak orang yang melakukan prank atau mengerjai orang lain sejak tahun 536 SM. Setelah banyak mengerjai orang lain, sorenya mereka berkumpul bersama untuk makan, tertawa, dan melakukan permainan. Setelah selesai makan, masyarakat membuang sayuran hijau yang disebut sabzeh. Ini melambangkan dibuangnya kesialan dan rasa sakit untuk tahun yang akan datang.

4. Spanyol

Di Sanyol acara semacam April Mop yang digunakan untuk menipu dan mengerjai teman-teman tidak dilakukan di tanggal 1 April, melainkan pada tanggal 28 Desember yang juga disebut sebagai perayaan Holy Innocents Day atau Childermas. Tradisi ini juga dilakukan di Amerika Latin. Mereka yang menjadi korban tidak boleh marah karena yang mengerjai dianggap sebagai orang yang tak berdosa.

5. Portugal

Masyarakat Portugal memiliki keunikan untuk mengerjai teman-temannya dalam perayaan April Mop. Mereka memiliki lelucon yang menjadi tradisi, yaitu melempar tepung pada seseorang.

6. India

Perayaan yang hampir sama dengan April Mop di India tak dilakukan pada tanggal 1 April, melainkan pada tanggal 31 Maret yang juga disebut sebagai Festival Holi. Pada hari itu, semua orang boleh melempar tepung warna-warni, mengerjai, dan membuat lelucon untuk orang lain.

7. Denmark

Denmark dan Swedia merayakan April Mop pada tanggal 1 April, namun mereka memiliki hari lelucon sendiri, yaitu pada tanggal 1 Mei. Bulan April dan Mei yang menandakan berakhirnya musim dingin membuat masyarakat Skandinavia merasa lebih ceria dan bersemangat.

loading...
Uniknya Perayaan April Mop di Seluruh Dunia | Klik Seru | 4.5