The Doll Hospital, Rumah Sakit Khusus Boneka

the doll hospital

KlikSeru.com – Sebuah rumah sakit tidak biasa terdapat di Sidney, Australia. Rumah sakit ini menampung pasien bukan manusia, melainkan boneka.

Doll Hospital, atau rumah sakit boneka didirikan lebih dari satu abad yang lalu, tepatnya pada tahun 1913 oleh Harold Chapman Sr sebagai bagian dari sebuah toserba. Saat itu Harold bekerja sama dengan adiknya yang memiliki bisnis impor boneka seluloid dari Jepang.

Ketika proses pengiriman, banyak boneka mengalami kerusakan, yang lalu diperbaiki sendiri oleh Harold. Mitra bisnis yang mengetahui kepiawaian Harold mengoperasi boneka, lantas mempercayakan boneka-boneka yang rusak padanya. Sejak saat itu lahir bisnis perbaikan boneka ini.

the doll hospital 1

Pada tahun 1930, bisnis ini diambil alih oleh putra Harold. Sempat mengalami kemajuan pesat pada 1939 ketika Perang Dunia II berlangsung. Saat itu Harold Jr sampai menerima perbaikan dari barang-barang lain yang terbuat dari kulit seperti tas, sarung tangan dan apa pun yang bisa diperbaiki.

Saat ini Rumah Sakit Boneka dijalankan oleh Geoff Chapman, anak Harold Jr yang terus melanjutkan bisnis yang didirikan oleh kakeknya.

the dol hospital 2

Bisnis ini juga merambah ke perbaikan boneka antik dan modern, mainan serta kereta bayi, bahkan tas, payung dan porselen. Hingga saat ini rumah sakit boneka ini telah menyembuhkan lebih dari 3 juta pasien boneka.

“Tidak ada yang lebih memuaskan daripada melihat senyum di wajah seorang gadis kecil ketika ia datang untuk memperbaiki boneka kesayangannya,” ujar Geoff, seperti dikutip dari Reuters.

loading...
The Doll Hospital, Rumah Sakit Khusus Boneka | Klik Seru | 4.5