Survei: Pria Juga Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual

kekerasan seksual

KlikSeru.com – Anggapan bahwa wanita selalu menjadi objek kekerasan seksual, ternyata salah. Survei terbaru mematahkan asumsi umum itu, dan menunjukkan bahwa pria juga bisa jadi korban seksualitas.

Survei bertajuk “Psikologi Pria dan Maskulinitas” itu menemukan, hampir setengah pria muda usia sekolah menengah dan perguruan tinggi mengalami “kontak  seksual yang tak diinginkan”.

Sebanyak 95 persen bahkan mengatakan, kenalan wanita mereka sangat agresif secara seksual. Studi itu melibatkan 284 pria muda.

Hasilnya, 18 persen pria melaporkan adanya pemaksaan seksual disertai kekerasan. Sebanyak 31 persen dipaksa secara lisan melakukan hubungan seksual, dan 26 persen mengaku pernah mengalami rayuan disertai perilaku seks yang tak diinginkan.

“Sebanyak 43 persen pria yang disurvei mengaku terpaksa melakukan seks yang tak diinginkan. 10 persen mengalami percobaan hubungan badan, dan 40 persen mengatakan pemaksaan mengakibatkan ciuman atau belaian,” kata Dr Bryana French, penulis penelitian.

Wanita yang juga psikolog konseling di University of Missouri itu menjelaskan, tren kekerasan seksual pada pria tidak jauh berbeda dengan wanita. Mereka juga sering tak mau menggambarkan pemaksaan secara detail. Namun saat ditanya, mereka mengakuinya.

Walaupun sampelnya kecil, French berharap itu bisa mengubah asumsi tentang kekerasan seksual dan gender. Menurutnya, paradigm bahwa pria tak bisa diperkosa wanita merupakan mitos belaka.

“Studi bukan mengabaikan dampak gender terhadap kekerasan seks. Tetapi, ingin menyadarkan pentingnya memperhatikan bahwa pria juga dapat menjadi korban,” kata French lagi, dikutip Time.

Survei: Pria Juga Bisa Jadi Korban Kekerasan Seksual | Klik Seru | 4.5

loading...