Pamer Dada, Wanita di AS Ramai-ramai Rayakan Hari Tanpa Bra

topless day

KlikSeru.com – International Go Topless Day menjadi acara rutin yang dirayakan oleh para wanita di Amerika Serikat khususnya, untuk menutut kesetaraan dengan para pria. Mereka beramai-ramai menggelar pawai dan berjalan kaki tanpa mengenakan bra sehingga payudara pun terekspos bebas.

Aksi tahunan itu dilakukan sejak 2007 oleh sebuah organisasi bernama Go Topless. Organisasi tersebut didirikan oleh sebuah kelompok spiritual bernama Raelian Movement. Mereka membuat organisasi tersebut untuk menuntut persamaan hak. Hak yang dituntut adalah agar wanita bisa dilihat sama seperti pria ketika tampil telanjang dada.

Mereka merasa ada ketidakadilan karena secara konstitusional, para pria diizinkan topless, sementara wanita dilarang. Organisasi itu pun menuntut kalau memang suara mereka tidak didengar, seharusnya pria juga mengenakan atasan yang menutupi dadanya saat berada di area publik.

topless day

Pada tahun ini salah satu lokasi yang menjadi tempat para wanita merayakan hari bebas tanpa bra adalah Manhattan. Puluhan wanita tampak berdemo dengan menggelar pawai keliling kota membawa poster bertuliskan isi protes mereka.

“New York adalah tempat ideal untuk jadi Go Topless Pride Parade pertama di dunia. Sejak 1992, kota ini menjadi salah satu kota di Amerika Serikat atau di dunia di mana hak wanita untuk bisa telanjang dada diakui secara hukum,” ujar juru bicara dari organisasi Go Topless seperti dikutip NY Daily News.

Parade wanita tampil tanpa bra ini dimulai dari area Columbus Circle pada pukul 14.00 dan dilanjutkan ke Times Square hingga Bryant Park. Pawai diakhiri dengan berkumpul di sebuah bar bertema payudara di kawasan Brooklyn yang bernama Boobie Trap.

Selain di New York, perayaan hari bebas tanpa bra ini juga dilakukan para wanita di Austin, Texas. Seperti dikutip dari HLN TV, belasan wanita itu berjalan-jalan di kawasan Texas State Capitol dengan membawa poster yang berisi protes menuntut kesetaraan hak untuk bebas tampil topless seperti pria.

Pamer Dada, Wanita di AS Ramai-ramai Rayakan Hari Tanpa Bra | Klik Seru | 4.5

loading...