Misteri Kuburan di Kolombia Ubah Jenazah Jadi Mumi Secara Alami

mumi

KlikSeru.com – Orang Mesir melakukan proses pemumian jenazah sejak jaman kuno. Namun sebuah lokasi di Kolombia bisa memumikan jenazah secara alami. Seperti apa sih?

Kuburan San Bernardo di kota kecil di Kolombia yang memiliki keunikan tersebut. Jenazah yang dimakamkan di sana menjadi mumi dengan sendirinya dalam keadaan masih di dalam peti mati. Keanehan ini ditemukan pada 15 tahun lalu oleh penggali kubur bernama Eduardo Cifuentes.

Eduardo mengklaim bahwa tubuh mumi telah ada sejak sekitar 1957, tapi tidak ada yang memperhatikannya. Mumi itu memiliki bentuk kulit keriput dan pucat, begitupun dengan pakaiannya yang berubah warna jadi kecokelatan karena berlalunya waktu. Para ilmuwan sendiri mengaku belum tahu kenapa fenomena ini bisa terjadi.

Lokasi lain yang bisa memumikan secara alamiah adalah di Guanajuato, kota central Mexico, Amerika Latin. Kandungan gas di bawah tanah dan kondisi tanahnya menjadi rahasia proses pemumian natural ini. Tapi hal ini diyakini tidak berlaku di kuburan San Bernardo.

Sebab utama adalah keadaan di San Bernardo yang jauh berbeda dengan di Guanajuato. Pasalnya, jenazah disemayamkan di atas tanah (seperti adat di Kolombia), bukan dikubur di dalam tanah seperti di Guanajuato. Hal itu menunjukkan pemumian tidak terkait proses di dalam tanah.

Namun menurut versi warga lokal proses pemumian itu karena kandungan kemurnian air, suhu tanah dan sedikitnya bahan kimia dalam makanan mereka. Beberapa orang berpikir faktor dua buah yang tidak biasa dalam makanan lokal mereka yaitu guatila dan balu. Sedangkan lainnya menganggap pemindahan makam pada 1957 karena di kuburan lama tidak pernah ditemukan mumi.

Kini mumi-mumi tersebut menjadi daya tarik turis yang berkunjung ke Kolombia. Walikota pun telah memerintahkan pembuatan museum khusus di belakang kuburan yang mempertontonkan 8 mumi di dalam kotak kaca. Meski mendatangkan pemasukan daerah namun tidak semua warga setuju proyek komersialisasi mumi leluhur ini.

Misteri Kuburan di Kolombia Ubah Jenazah Jadi Mumi Secara Alami | Klik Seru | 4.5

loading...