Misteri Alam, Banyak Orang Sulit Tidur Dan Gelisah Saat Purnama

bulan purnama

KlikSeru.com – Bulan purnama sering menyisakan hal-hal misterius. Dalam dunia barat, bulan purnama adalah waktu di mana para manusia serigala akan berubah dan berburu mangsa. Di masa lalu, ada banyak mitos tentang bulan purnama dan dampaknya pada manusia. Ternyata, bulan purnama memang memberi efek aneh pada manusia, setidaknya itulah yang ditemukan para ilmuwan.

Hasil penelitian yang ditulis dalam Current Biology menunjukkan bahwa manusia akan gelisah dan susah tidur selama 25 menit saat bulan purnama. Sedangkan pada pria kegelisahan dan susah tidur ini bisa berlangsung selama 50 menit. Belum ada penjelasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi hanya pada saat bulan purnama, dilansir oleh dailymail.co.uk.

Sejak Dulu Purnama Selalu Berkaitan Dengan Cerita Mistis

Selama berabad-abad, banyak cerita rakyat yang menggambarkan bulan purnama memiliki kekuatan mistis, yang dapat berpengaruh pada manusia. Namun bagi ilmuwan, tentunya harus ada penjelasan yang lebih masuk akal. Sejauh ini, penjelasan yang bisa diterima adalah peninggalan evolusi manusia. Saat purnama, dimungkinkan manusia purba akan waspada dan kemungkinan berkaitan dengan hewan buruan.

bulan purnama 1
“Kemungkinan peninggalan evolusi yaitu membuat tubuh terjaga saat purnama, bisa jadi untuk pergi berburu atau lebih waspada pada ancaman alam,” ujar Michael Smith dari University of Gothenburg yang tergabung dalam penelitian.

Mimpi Lebih Jelas Saat Bulan Purnama

Fakta lain yang muncul dalam penelitian ini adalah.. manusia cenderung lebih peka pada suara malam hari ketika bulan purnama tiba. Beberapa relawan mengaku lebih gelisah dan merasa aneh menjelang purnama dan saat purnama tiba. Sementara itu pada penelitian sebelumnya, ditemukan bahwa seseorang akan bermimpi lebih jelas saat purnama.

Fenomena ini bisa jadi merupakan salah satu rahasia alam yang harus dibongkar oleh ilmu pengetahuan.

Misteri Alam, Banyak Orang Sulit Tidur Dan Gelisah Saat Purnama | Klik Seru | 4.5

loading...