Jalan Kaki 20 Menit Sehari, Bisa Mencegah Kematian Dini

jalan kaki

KlikSeru.com – Dalam sebuah penelitian terungkap jika jalan kaki bisa menyelamatkan 37 ribu jiwa per tahun dari kematian yang diakibatkan oleh jantung, kanker, serta stroke.

Penelitian ini dilakukan oleh The Ramblers Walking Charity and Macmilan Cancer Support. Dinyatakan dalam penelitian ini bahwa satu dari tiga orang yang disurvei hampir tidak memiliki waktu untuk jalan kaki. Padahal jalan kaki merupakan olahraga sederhana.

Dr. William Bird, pendiri Walking for Health and Interlligent Health, menyatakan jika aktivitas fisik yang kurang memicu kematian secara prematur daripada obesitas.

loading...

“Meski langsing, Anda belum tentu sehat jika tidak aktif. Orang yang gemuk justru lebih bugar karena banyak bergerak,” jelasnya.

Ia pun menjelaskan bila berjalan bisa meningkatkan kesehatan dengan menurunkan sel-sel pembunuh alami, membatasi peradangan, dan mencegah kerusakan pada ‘baterai energi’ dalam sel.

Karena penelitian ini, kini sembilan dari sepuluh orang Inggris telah berubah paradigmanya dan menganggap bahwa berjalan adalah olahraga paling bagus untuk membuat tubuh jadi lebih sehat.

The Report Walking Works bahkan berani menyatakan dengan berjalan selama 150 menit dalam satu minggu atau 21 menit setiap hari bisa mencegah:

12.061 orang dari jantung koroner.
36.815 orang dari kematian prematur.
294. 730 orang dari kasus diabetes.

Dr William juga menambahkan pernyataannya terkait pentingnya olahraga bagi kesehatan kepada pasiennya. “Jika tidak memiliki banyak waktu, luangkan waktu untuk berjalan kaki selama sepuluh menit,” katanya sebagaimana dikutip Daily Mail.

loading...
Jalan Kaki 20 Menit Sehari, Bisa Mencegah Kematian Dini | Klik Seru | 4.5