ISIS Jadi Kelompok Teroris Paling Tajir Sejagat

isis

KlikSeru.com – Kelompok militan ISIS di Suriah dan Irak menjadi kelompok teroris terkaya di dunia. Kekayaan ISIS diperoleh dari penjualan minyak mentah di pasar gelap dengan omzet jutaan dollar per bulan.

Kabar tersebut diungkapkan oleh David Cohen, pejabat Kementerian Keuangan Amerika Serikat yang mengurusi informasi intelejen sumber finansial terorisme, Kamis (23/10).

Cohen menyebutkan, dari penjualan minya mentah, ISIS bisa meraup hasil satu juta dollar per harinya. Selain dari penjualan minyak, pendapatan terbesar ISIS lainnya bersumber dari pajak yang diterapkan di sejumlah daerah yang dikuasainya.

“ISIS adalah organisasi teroris dengan sistem keuangan terbaik yang pernah kami hadapi,” kata Cohen.

Sementara itu, Marwan Muasher, wakil kepala organisasi Carnegie Endowment for International Peace, menyebut ISIS sebagai kelompok terkaya dengan sistem finansial yang sangat rumit.

Perbedaan mendasar ISIS dengan Al Qaeda dari segi pendanaan adalah Al Qaeda mengandalkan donasi dari simpatisan yang kaya, sementara ISIS memiliki sumber finansial dari hasil penjualan 50.000 barel minyak mentah per hari yang dijual jauh di bawah harga pasaran.

Pembeli minyak mentah jarahan ISIS cukup beragam. Salah satunya pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Sepanjang tahun ini, ISIS mendapatkan US$ 20 juta dari hasil tebusan para tawanan. Selain itu, mereka juga menarik pajak terhadap pengusaha lokal.

Salah satu upaya Amerika untuk memotong aliran dana ISIS adalah dengan bekerjasama dengan Turki guna menghentikan penyelundupan minyak mentah. “Para perantara, perusahaan pengolah, perusahaan transportasi dan semua pihak lain yang terlibat dalam perdagangan minyak ISIS harus tahu bahwa kami tengah bekerja keras mengidentifikasi mereka. Kami juga mempunyai cara untuk menghentikan mereka,” kata Cohen.

“Mereka akan kesulitan menemukan bank yang mau memproses dan menyimpan uang hasil perdagangan minyak gelap,” kata dia.

Kendati memiliki kekayaan, tambah Cohen, ISIS masih belum mampu menjalankan layanan pemerintahan dasar di wiayah Irak dan Suriah yang mereka kuasai.

“Anggaran resmi pemerintah Irak bagi provinsi-provinsi yang dikuasai ISIS pada tahun ini lebih dari dua milyar dolar AS,” kata dia sambil menambahkan bahwa sudah ada laporan kelangkaan air dan listrik.

ISIS Jadi Kelompok Teroris Paling Tajir Sejagat | Klik Seru | 4.5

loading...