Inilah Cara Smartphone Merusak Kesehatan Anda

smartphone

KlikSeru.com – Smartphone dan Anda tak bisa dipisahkan lagi? Hati-hatilah, manusia yang terlalu “dekat” dengan smartphone mempunyai efek yang buruk, terutama kesehatan. Melansir dari Huffington Post inilah cara smartphone merusak kesehatan Anda.

Pendengaran

Mendengarkan musik memakai smartphone memang mengasyikkan. Terlebih bila hal tersebut dilakukan secara santai. Yang perlu diwaspadai adalah volumenya. Jangan terlalu besar, sebab telinga bisa rusak. Setidaknya mengganggu pendengaran.

Kuman dan bakteri

Tak bisa dipungkiri, seorang yang kecanduan dengan smartphone akan membawa gadgetnya itu kemana pun suka, termasuk ke kamar mandi.

Jurnal kesehatan internasional pernah melansir bahwa smartphone yang dibawa ke kamar mandi bisa menyebabkan kuman dan bakteri menempel. Hiiy…

Jari-jari kaku

Saat ini aplikasi jejaring sosial dan chattingan sangat beragam. Intinya satu mendekatkan yang jauh dengan perbincangan tanpa omongan – digantikan tulisan yang diketik dengan jari.

Beberapa kali mengetik dengan jari takkan terasa efeknya. Namun, jika terlalu sering akan membuat jari dan pergelangan tangan terasa kaku dan nyeri.

Nyeri leher

Ketika memainkan smartphone secara otomatis leher menahan kepala yang menunduk fokus pada layar. Bila dilakukan dalam waktu lama, akan menjalar dari pundak sampai kepala. Hati-hatilah…

Kecanduan

Ternyata smartphone juga sebabkan kecanduan. Dan angkanya pun termasuk tinggi, sekitar 66 persen. Ketika kecanduan, orang yang kecanduan tersebut merasa cemas akibat takut kehilangan atau dipisahkan dari ponsel yang menemaninya kemana-mana.

Radiasi

Sudah menjadi fakta umum bahwa Smartphone memaparkan radiasi yang tidak sehat. Meski begitu, faktanya masih banyak orang yang kerap tidur dimana smartphonenya diletakkan di sebelah kepalanya.

Padahal, sinar LED cukup mengganggu tidur dan radiasinya secara tidak langsung menyebabkan efek kesehatan lebih lanjut dalam jangka panjang.

Sulit tidur

Saking kecanduannya, seseorang akan berusaha terus memantau perkembangan terbaru melalui smartphonenya. Bahkan, di waktu tidur sekalipun.

Sebenarnya, hal tersebut merupakan salah satu gangguan tidur yang disebabkan oleh sinar LED dari smartphone yang merusak produksi melatonin, zat yang membuat tidur kita jauh lebih nyenyak.

Karena itu, saat istirahat gunakan untuk istirahat, matikan smartphone sebelum tubuh Anda memaksanya.

Sindrom ponsel bergetar

Seringnya seorang yang mencandu smartphone dengan getaran gadget miliknya menjadikannya terbiasa. Kadang-kadang imbasnya, mereka merasa selalu ada getaran yang menandakan ada panggilan masuk atau pesan, yang tentunya memicu keinginan untuk memeriksa. Padahal, sama sekali tak ada panggilan atau pesan masuk.

Gejala penarikan

Kecanduan smartphone, walaupun bukan sebuah zat yang dimasukkan ke dalam tubuh seperti alkohol maupun obat-obatan terlarang, bisa membuat seseorang stres jika dipisahkan.

Beberapa efek yang timbul diantaranya yaitu depresi akut, cemas, bingung, hingga menjauhkan diri dari pergaulan.

loading...
Inilah Cara Smartphone Merusak Kesehatan Anda | Klik Seru | 4.5