Gadis Belia Jadi Cabe-cabean, Demi Apa?

cabe-cabean

KlikSeru.com – Kini, fenomena cabe-cabean tengah melanda gadis belia di Ibukota. Cabe-cabean ini hanya merujuk pada gadis belia usia SMP dan SMA yang senang keluyuran di malam dan nongkrong di dunia balap liar. Sebenarnya, apa yang dicari gadis belia dengan mengikuti tren cabe-cabean?

“Ini untuk menunjukkan mereka ada di sebuah kelompok. Semakin dia menunjukkan keberadaannya, semakin dia dianggap hebat. Ini bisa ke persaingan teman,” kata Psikolog Lembaga Terapan Psikologi UI Muhammad Rizal Psi, seperti dimuat Liputan6, Rabu (25/12/2013).

Rizal menjelaskan, di usia ABG itu anak-anak memang berusaha menunjukkan dirinya hebat di dalam kelompok agar diakui. “Remaja ingin menunjukkan dirinya supaya bisa diakui di kelompok sebegitu besar. Semakin ia diakui semakin tinggi levelnya secara sosial,” paparnya.

Menurut Rizal, sebenarnya fenomena ini bukanlah hal yang baru. Mungkin hanya istilahnya saja yang baru. “Saya menduga ini fenomena lama yang sudah ada, tapi sekarang ditambah dengan nama Cabe-cabean,” ucap Rizal.

Rizal mengatakan, fenomena ini bisa muncul karena perubahan sistem nilai. Norma-norma yang dulu dianggap sakral di suatu massa, mungkin kini tak penting lagi. “Mungkin ada perubahan sistem nilai. Mereka lebih bebas dalam berpikir. Norma yang dulu ada barangkali tidak terlalu penting sehingga mereka berani tampil dengan berpakaian seronok,” imbuhnya.

Gadis Belia Jadi Cabe-cabean, Demi Apa? | Klik Seru | 4.5

loading...