Cahaya Hijau Misterius di Lautan Thailand Kejutkan Astronot

cahaya hijau

KlikSeru.com – Astronot yang berada di stasiun luar angkasa, ISS, dikejutkan dengan kemunculan cahaya hijau misterius yang sangat terang dari lautan Thailand. Astronot Reid Wiseman menduga cahaya tersebut berasal dari pesawat alien.

Dalam akun Twitternya, Reid memposting gambar cahaya tersebut dan mengatakan, ‘Bangkok adalah kota yang sangat terang. Tapi cahaya hijau di luar kota? Tak tahu itu apa’, dikutip dari Daily Mail, Kamis (21/8).

cahaya hijau 1

Banyak spekulasi bermunculan untuk menguak misteri cahaya tersebut, dari teori pesawat alien, limbah nuklir hingga alga laut berwarna hijau. Namun NASA memiliki penjelasan tersendiri.

Menurut NASA, cahaya tersebut sengaja dibuat oleh nelayan Thailand. Mereka mengaitkan pelampung berbahan cairan fosfor di galangan kapal yang bisa berpendar dan menyebabkan efek iluminasi dengan air laut yang bisa menarik perhatian ikan dan mahkluk laut lainnya mendekat.

“Para nelayan dari Amerika Selatan dan Asia Tenggara menerangi lautan dengan cahaya yang sangat terang. Ini menarik plankton dan spesies ikan yang menjadi makanan cumi-cumi,” terang artikel Observasi Bumi oleh Nasa yang ditulis pada Oktober 2013.

Cahaya tersebut telah diketahui oleh para ilmuwan sejak 1970 silam. Mereka mendapati cahaya tersebut saat mmebuat peta di malam hari.

“Cahaya ini bisa membantu memunculkan pola yang lengkap serta keberagaman laut di malam hari. Aktivitas para nelayan ini bisa memunculkan detil kehidupan laut malam,” ujar Dr. Steve Miller dari Colorado State University.

Cahaya Hijau Misterius di Lautan Thailand Kejutkan Astronot | Klik Seru | 4.5

loading...