9 Fakta Menarik Mengenai Bulu Mata

bulu mata

KlikSeru.com – Bulu mata yang indah dan nampak cantik mampu memberikan kesan segar pada wajah seseorang. Namun, tidak banyak orang yang dianugerahi bulu mata cantik alami tanpa perlu bantuan maskara ataupun eyelash extension. Berikut ada 9 fakta menarik tentang bulu mata yang perlu Anda ketahui, dilansir dari Style List.

1. Hanya hewan mamalia yang memiliki bulu mata
Selain manusia, hewan yang juga merupakan jenis mamalia juga memiliki bulu mata. Namun, bulu mata yang betul-betul berfungsi untuk melindungi mata hanya dimiliki oleh manusia. Fungsi bulu mata pada hewan mamalia sama dengan fungsi kumis pada kucing.

2. Komposisi bulu mata sangat unik
Meski terlihat hanya seperti rambut kecil biasanya, ternyata komposisinya tidak sama dengan rambut di kepala Anda. Bulu mata hanya terdiri dari 97% keratin dan 3% air saja.

3. Memiliki siklus hidup
Bulu mata Anda akan berganti secara rutin selama 90 hari atau 3 bulan sekali. Jadi, Anda tidak perlu khawatir karena setiap bulu mata yang rontok selalu akan tumbuh kembali.

loading...

4. Jumlah rata-rata bulu mata atas dan bawah berbeda
Rata-rata orang memiliki hampir 200 helai bulu mata bagian atas, dan 100 helai bulu mata bagian bawah.

5. Panjangnya tidak pernah seragam
Jika Anda melihat teman atau siapapun yang bulu matanya terlihat sangat rata bagaikan dipangkas setiap hari, jangan percaya bahwa itu asli. Panjang bulu mata tidak pernah sama. Biasanya bagian tengah selalu lebih panjang daripada bagian pojok.

6. Ada bakteri hidup di antara helainya!
Tenang saja! Bakteri yang ada pada bulu mata memiliki fungsi untuk melancarkan sirkulasi udara dan mencegah lubang akarnya tertutup sisa make-up yang Anda pakai sehari-hari.

7. Memiliki kelenjar khusus
Bulu mata ternyata tidak begitu saja tumbuh dari dalam kulit kelopak mata. Mereka memiliki kelenjar sendiri yang ada di jaringan bawah kulit.

8. Setiap hari bulu mata akan rontok
Jangan pernah percaya pada obat penumbuh bulu mata yang mengklaim bahwa kandungannya mampu mencegah rontoknya bulu mata. Bulu mata akan rontok dengan sendirinya setiap hari, dari mulai 1 sampai 5 helai.

9. Rata-rata panjangnya tidak sampai 1 cm
Panjang normal bulu mata (tanpa maskara ataupun extension) rata-rata adalah 10 milimeter, dan bisa tumbuh hingga mencapai 6,4 cm.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda.

loading...
9 Fakta Menarik Mengenai Bulu Mata | Klik Seru | 4.5