7 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia

KlikSeru.com – Tidak hanya memiliki keindahan tropis dan tempat wisata yang spektakuler, Indonesia juga memiliki makanan khas yang sudah banyak dikenal di mancanegara. Tentunya kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia dengan prestasi tersebut.

Di negara-negara lain, makanan khas Indonesia dianggap sangat lezat dan sangat jarang ditemui di belahan negara manapun. Bahkan para turis mancanegara rela datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi berbagai jenis makanan khas Indonesia.

Berikut 7 makanan khas Indonesia yang namanya sudah mendunia dan sangat disukai oleh warga negara asing.

7. Bakso

bakso

Makanan pertama yang sudah mendunia adalah bakso. Orang asing meyebut bakso dengan sebutan meatball karena bakso terbuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka kemudian dibentuk menjadi bulat.

Biasanya kebanyakan penjual bakso berasal dari Jawa, namun tidak hanya di Jawa di setiap daerah di manapun sekarang tidak sulit untuk menemukan bakso.

6. Nasi Goreng

nasi goreng

Mungkin setiap orang beranggapan bahwa nasi goreng sudah terkenal di seluruh dunia. Tapi tahukah kamu bahwa nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia? Ya mungkin beberapa orang tidak akan percaya, tapi nasi goreng buatan Indonesia sudah terkenal di mancanegara.

Nasi goreng juga bisa dibuat dengan mudah sesuai dengan selera si pembuat, selain itu harganya juga sangat terjangkau.

5. Soto

soto

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Indonesia yang satu ini Soto. Makanan berbahan dasar kaldu daging dan sayuran ini memang memiliki rasa yang gurih. Selain itu di beberapa daerah memiliki kreasi sotonya sendiri, seperti soto Madura, soto Bandung, soto Betawi, soto Kediri dan masih banyak daerah lainnya.

Nama soto sudah terkenal mendunia dan pernah disiarkan secara langsung di televisi Telemadrid dalam program Buenos das Madrid.

4. Sate

sate

Umumnya sate terbuat dari daging sapi, ayam atau kambing, yang kemudian dipotong kecil-kecil. Setelah itu ditusuk dengan batang sate yang terbuat dari bambu, lalu dibakar di atas bara arang kayu. Biasanya bumbu yang digunakan adalah saus kacang dan kecap.

Beberapa orang Indonesia yang tinggal di luar negeri bahkan menjual sate khas Indonesia. Dan tidak tanggung-tanggung, sate khas Indonesia memang sangat laku di negara lain.

3. Gado-gado

gado gado

Pembuatan gado-gado sangat sederhana yaitu dengan cara merebus berbagai jenis sayuran dan kemudian disatukan dengan bumbu saus kacang di atasnya. Akan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi atau lontong serta kerupuk.

Gado-gado sendiri merupakan makanan asli asal Indonesia yang pernah menjuarai festival makanan internasional.

2. Gudeg

gudeg

Gudeg merupakan makanan khas masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah yang namanya juga sudah mendunia. Gudeg terbuat dari nangka muda yang kemudian dimasak dengan santan dan ditambahi dengan nasi, daging serta telur.

Yang membuat gudeg sangat populer di dunia yaitu karena para wisatwan yang datang ke Yogyakarta sangat menyukai makanan khas ini.

1. Rendang

rendang

Rasa yang lezat dan pedas merupakan ciri khas rendang yang berasal dari Minangkabau. Rendang memiliki bahan dasar daging biasanya daging sapi. Yang kemudian diolah dengan bumbu yang khas serta pedas. Aroma dan rasa gurihnya yang membuat rendang sebagai makanan khas Indonesia menduduki peringkat 11 dari 50 hidangan terenak di dunia.

7 Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Dunia | Klik Seru | 4.5

loading...