7 Kepribadian yang Harus Dihindari Agar Sukses di Dunia Kerja

kerja

KlikSeru.com – Tak ada seseorang yang ingin gagal dalam pekerjaan yang dilakoninya. Tapi, kesuksesan di dunia kerja ditunjang juga oleh sifat serta pribadi Anda sendiri.

Seperti dilansir Kompas, setidaknya ada tujuh sifat dan kepribadian yang harus dihindari demi suksesnya pekerjaan. Apa saja itu?

Mudah tertipu

Atasan juga manusia, yang suka membuat janji-janji manis terhadap karyawannya. Misalnya, “Anda akan mendapatkan promosi, tapi tidak untuk tahun ini.” Padahal, Anda sudah bekerja keras dan memeras otak menyelesaikan semua pekerjaan, bahkan melebihinya.

Pekerja yang hanya mengangguk-anggukkan kepalanya bila mendengar hal ini hanyalah tipe yang gampang tertipu. Sulit sekali untuk mengembangkan diri jika ditipu terus-menerus.

Groupthinker

Bisa diartikan groupthinker adalah sekelompok pemikir kolot di kantor. Orang-orang yang punya kepribadian seperti ini adalah “penyakit”, yang sebenarnya harus dibuang oleh perusahaan. Sebab, keberadaan mereka sangat mengganggu produktivitas karyawan lain yang sedang bersemangat.

Terlalu takut

Sudah umum atasan menilai prestasi bawahannya dari pekerjaan yang dilakukannya. Bila sukses dipuji, bila tak sukses dimarahi. Kadang hal ini sulit diterima oleh beberapa pekerja yang tipe penakut.

Takut dipecatlah, takut dimarahilah, takut berbuat salahlah, dan lain sebagainya. Sehingga, maklum saja jika tipe pekerja seperti ini takkan berkembang di dunia kerja.

Apatis

Pekerja tipe apatis kadang sering mengambil keuntungan dari orang lain. Seperti meminta tolong mengerjakan pekerjaannya, sementara dia sendiri harus pulang cepat dengan alasan anak-anaknya tak ada yang menjaga dan lain sebagainya. Sebenarnya sesekali membantunya tidak apa-apa, tapi terus-terusan? Wah, akan menghambat karir Anda pastinya.

Si pecundang yang selalu berpikir negatif

Tipe pekerja satu ini juga akan Anda temui di dunia kerja. Dia akan selalu menganggap pekerjaan yang sukses dikerjakan oleh rekan kerjanya adalah hasil keberuntungan semata, atau dukungan dari seseorang dengan posisi kuat, bahkan dia sampai hati berpikir pekerjaan itu didapatkan dengan cara yang tidak baik. Nah, tipe ini juga sulit untuk berkembang karena selalu berpikiran buruk.

Si biang gosip

Dimana pun kantornya, selalu ada tipe pekerja yang seperti ini. Awalnya hanya ngobrol, tapi ujung-ujungnya ngomongin orang yang menjurus ke arah gosip. Gosip yang dibahasnya bisa ringan, bisa juga yang menyerempet bahaya. Jangan dekati tipe pekerja satu ini, besar kemungkinan karir akan kacau.

Orang yang gemar minta maaf

Salahkah meminta maaf? Tidak, selama diucapkan pada waktu yang tepat. Jika tidak? Seperti meminta maaf saat presentasi, saat bekerja, dan lain-lain. Untuk apa meminta maaf? Berlagak Mpok Hindun saja, menyebalkan.

Ini yang biasanya menyebabkan karir mandek. Sebab, atasan akan menilai tipe pekerja satu ini tidak percaya diri akan kemampuan dirinya.

7 Kepribadian yang Harus Dihindari Agar Sukses di Dunia Kerja | Klik Seru | 4.5

loading...