7 Fakta Hubungan Antara Wanita dan Alkohol

alkohol

KlikSeru.com – Alkohol memberi dampak buruk bagi tubuh wanita, Meskipun kebanyakan wanita tidak minum sampai mabuk, terutama jika mereka sedang hamil. Sebab ada banyak zat yang terkandung dalam alkohol yang sifatnya merusak organ tubuh wanita.

Mari kita simak fakta pentingnya lebih lanjut seperti yang dilansir dari Huffington Post, agar kita lebih memahami tentang kaitan antara wanita dan alkohol.

1. Alkohol Seperti Candu Bagi Wanita

Kecanduan alkohol bisa diartikan sebagai keinginan seseorang untuk minum empat gelas alkohol atau lebih dalam satu waktu. Semakin tahun semakin banyak wanita yang menderita kondisi tersebut.Alkohol jelas mempunyai pengaruh buruk bagi kesehatan wanita. Contohnya keracunan, penyakit hati, stroke, dan gangguan kesehatan serius lainnya.

2. Wanita Lebih Mabuk Dibandingkan Pria

Jika dibandingkan dengan pria, daya tahan tubuh wanita yang mengonsumsi alkohol ternyata lebih rendah. Hal ini berakibat wanita lebih mudah mabuk dan berisiko terkena gangguan pada hatinya jika terlalu banyak mengonsumsi alkohol.

Peneliti sebenarnya tidak tahu apa yang menyebabkan hal itu terjadi pada wanita. Namun mereka menduga hormon estrogen memberi peran penting terhadap risiko tersebut.

3. Batasan Konsumsi Alkohol

Sebenarnya para ahli sudah menyarankan agar wanita membatasi konsumsi alkoholnya menjadi tujuh kali saja dalam satu minggu dan tidak boleh lebih dari tiga gelas ketika minum.

Meskipun demikian, karena tubuh wanita mempunyai tingkat resiko yang lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit kronis, batas minum alkohol pun tetap bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang tidak terduga. Misalnya saja meningkatnya risiko penyakit jantung dan kanker payudara.

4. Segera Mencari Pertolongan

Hasil dari riset menunjukan bahwa para wanita yang kecanduan alkohol dan berniat sembuh akan memiliki kesempatan hidup lebih panjang. Kabar baiknya, wanita memang cenderung segera mencari pertolongan ketika sadar bahwa dirinya kecanduan.

Namun Demikian, Para peneliti berharap bukan cuma wanita yang sadar akan kesehatannya akibat kondisi kecanduan alkohol. Tetapi Pria juga dianjurkan tanggap dan segera mencari oertolongan ketika kecanduan.

5. Minum Alkohol Ketika Hamil

Dalam beberapa penelitian menyebutkan kalau minum alkohol (khususnya wine) sebanyak satu gelas dalam sehari tetap aman bagi ibu hamil.

Namun demikian, Sampai saat ini belum ada penelitian yang benar-benar memastikan berapa batas aman minum alkohol pada wanita ketika hamil. Mungkin akan lebih baik alkohol dihindari sepenuhnya. Masalahnya ibu bukan cuma menjaga kesehatan diri sendiri, tetapi juga janin yang dikandungannya.

6. Kanker Payudara

Resiko wanita peminum alkohol akan lebih tinggi jika dikaitkan denga risiko kanker payudara.Selain alkohol, Faktor genetik dan gaya hidup yang dijalani memang ikut menyumbang peran sebagai peningkat risiko kanker payudara. Namun menghentikan konsumsi alkohol disebut sebagai cara paling efektif untuk menurunkan risiko kanker tersebut.

7. Mematikan

Angka wanita yang meninggal akibat alkohol jumlahnya lebih besar daripada pria.Hal ini dibuktikan oleh Para Peneliti dari Jerman. Mereka mengungkapkan bahwa sifat alkohol dua kali lebih mematikan pada wanita daripada pria.

Demikianlah berbagai fakta hubungan antara wanita dan alkohol. Mulai sekarang pastikan Anda benar-benar membatasi minuman tersebut atau menghindari sepenuhnya demi menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

loading...
7 Fakta Hubungan Antara Wanita dan Alkohol | Klik Seru | 4.5