5 Tips Mudik Dengan Bus Malam

bus malam

KlikSeru.com – Pada musim mudik lebaran seperti saat ini, angkutan transportasi tak pernah sepi penumpang, baik darat, laut dan udara. Bagi para masyarakat muslim yang tinggal di Jawa, bus malam selalu menjadi salah satu alternatif angkutan mudik yang paling sering digunakan.

Tak berbeda dengan transportasi darat lainnya seperti motor dan kereta api, untuk melakukan mudik menggunakan bus malam, Anda memerlukan persiapan tertentu.

Berikut ini tips-tips melakukan perjalanan mudik menggunakan bus malam.

1. Tiket Keberangkatan

Anda juga memerlukan tiket untuk melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan bus, khususnya antar propinsi, terutama untuk kelas bisnis AC ke atas (eksekutif hingga super eksekutif).

Anda harus memantau tiket mudik lebaran jauh-jauh hari sebelum keberangkatan, biasanya PO bus telah membuka penjualan tiket bus mudik sebulan sebelum ramadan. Anda bisa memanfaatkan pembelian secara online, karena PO besar seperti PO Rosalia Indah dan PO Safari Dharma Raya telah menyediakan website pembelian resmi.

2. Barang Bawaan

Jangan membawa barang berlebih saat menggunakan bus, karena selain akan menambah biaya, Anda juga akan kerepotan. Sebaiknya barang seperti parcel dan oleh-oleh dikirimkan melalui jasa ekspedisi, bawalah barang-barang penting yang dikemas dalam satu tas saja.

3. Baju yang nyaman

Perjalanan mudik dari Jakarta ke Jawa Tengah Atau Jawa Timur misalnya, memerlukan waktu perjalanan sekitar 8 hingga 12 jam. Pakailah pakaian yang nyaman, jangan lupa membawa jaket, terutama Anda yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan bus malam patas dan ber AC.

4. Bekal secukupnya

Karena perjalanan menggunakan bus malam memakan waktu yang cukup lama, persiapkan makanan dan minuman yang kering dan praktis. Biasanya bus malam akan berhenti di restoran untuk melakukan sahur.

5. Perlengkapan khusus

Bagi Anda yang melakukan perjalanan bersama keluarga dan sedang membawa balita. Anda harus mempersiapkan obat-obatan, seperti obat penurun panas dan penghilang mual serta obat diare. Siapkan pula popok, susu dan makanan bayi. Patikan Anda memilih bus malam yang dilengkapi dengan toilet.

5 Tips Mudik Dengan Bus Malam | Klik Seru | 4.5

loading...