5 Tips Maksimalkan Fungsi “Smartphone”

smartphone

KlikSeru.com – Apa pun jenis telepon seluler pintar Anda, Blackberry, Android, iPhone, atau Windows Phone, ada beberapa tips yang berlaku umum agar gadget Anda itu bisa difungsikan optimal, hemat biaya, dan efektif.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ketahui:

1.Salin foto-foto Anda

Foto tidak disangkal adalah salah satu harga berharga di ponsel pintar, karenanya biasakan menyalin atau mem-back up foto-foto Anda secara otomatis untuk berjaga-jaga jika ponsel hilang, rusak, atau dicuri.

Sudah banyak aplikasi, baik yang gratis maupun berbayar, yang bisa menyimpan foto Anda secara otomatis. Beberapa di antaranya adalah Carousel dari Dropbox dan OneDrive dari Microsoft. Untuk pengguna Android, Anda bisa menggunakan Google+ yang punya layanan back up foto tidak terbatas, selama Anda menyimpan foto dengan resolusi di bawah 2048 piksel.

2.Simpan lagu di “awan”

Biasakan menggunakan fasilitas penyimpanan musik di cloud dan Anda bisa menghemat ruang di memori ponsel. Ada beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda dalam hal ini. Salah satunya Google Play Music, yang bisa menyimpan 20.000 lagu. Caranya menggunakannya Anda bisa mengunduh Music Manager dan unggah folder musik Anda di situ.

3.Rapikan home screen

Membiarkan aplikasi-aplikasi Anda berantakan di home screen hanya akan membuang-buang waktu dan bikin sakit kepala saat Anda akan memerlukannya. Luangkan sedikit waktu untuk mengatur home screen, seperti Anda menata lemari sepatu di rumah.

Anda bisa menggunakan tips ini: kumpulkan aplikasi yang paling sering Anda gunakan dan tempatkan mereka di ujung bawah tampilan home screen. Dengan itu, mereka bisa lebih mudah diakses saat dibutuhkan. Di atas barisan aplikasi itu, Anda bisa membuat folder yang berisi aplikasi-aplikasi lain yang hanya Anda gunakan sesekali.

Sementara jika Anda menggunakan banyak layar, Anda bisa mengumpulkan aplikasi dalam satu layar sesuai kategori. Misalnya aplikasi game di kumpulkan di layar pertama dan aplikasi-aplikasi untuk pekerjaan di layar kedua.

4.Gunakan ponsel sebagai pemancar Wifi

Jika ponsel Anda dilengkapi dengan teknologi untuk menjadi hotspot, jangan segan untuk memanfaatkan fasilitas itu karena bisa banyak menghemat biaya dan waktu.

5.Gunakan shortcut

Jangan ragu gunakan shortcut, karena fasilitas itu memang diciptakan untuk membantu pengguna ponsel pintar memanfaatkan gadgetnya lebih cepat.

loading...
5 Tips Maksimalkan Fungsi “Smartphone” | Klik Seru | 4.5