5 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia

KlikSeru.com– Menyambut datangnya hari suci Ramadan, seluruh umat Muslim di dunia merayakannya dengan penuh suka cita. Namun, tahukah Anda negara mana saja yang memiliki populasi muslim terbesar di dunia? Nah, berikut kami sajikan lima negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, berdasarkan data yang dirilis mapsofworld.com. Data ini telah diperbaharui per tanggal 23 September 2013 lalu. Mari kita simak bersama!

1.Indonesia

indonesia

Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Menurut data yang dilansir mapsofworld.com, ada sekitar 209.120.000 orang di Indonesia yang memeluk Islam. Angka ini mencakup 13,1 persen dari jumlah populasi Muslim dunia. Islam pertama kali diperkenalkan di Indonesia melalui pedagang-pedagang Muslim Arab yang sering berbaur dengan penduduk lokal.

Hal tersebut kemudian berlanjut pada pernikahan antara pedagang Muslim dengan perempuan lokal. Pada akhir abad ketigabelas, beberapa kerajaan Islam berdiri di tanah air. Salah satu kerajaan Islam yang berkuasa saat itu adalah Samudra Pasai di Sumatera Utara, kerajaan Demak dan Mataram di Jawa Tengah, serta kerajaan Ternate dan Tidore di Maluku.

2.India

india

India menempati posisi kedua setelah Indonesia, sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Menurut data yang? dilansir mapsofworld.com, 176.190.000 orang di India memeluk agama Islam. Angka ini mencakup 11 persen dari jumlah populasi Muslim dunia.

Penyebaran Islam di India juga dibawa oleh pedagang Muslim Arab pada abad ke-7 di pesisir Malabar. Masjid pertama yang didirikan di India adalah Masjid Cheraman Juma, yang diperkirakan dibangun pada 629 Masehi oleh Malik bin Deenar.

3.Pakistan

pakistan

Negara yang beribukota di Islamabad ini menempati posisi ketiga sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Menurut data yang dilansir mapsofworld.com, ada sekitar 167.410.000 orang di Pakistan yang memeluk agama Islam. Angka ini mencakup 10,5 persen jumlah populasi Muslim dunia.

Islam menjadi agama terbesar di Pakistan. 95-97 persen masyarakat Pakistan diketahui memeluk Islam, sementara 3-5 persen sisanya beragama Kristen, Hindu, dan lain-lain. Penyebaran Islam di Pakistan di bawah pengaruh kerajaan-kerajaan Islam yang menguasai wilayah tersebut saat itu, termasuk kerajaan Ghaznavid, Ghorid, dan Delhi.

4.Bangladesh

bangladesh

Negara yang beribukota di Dhaka ini menempati posisi keempat sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Menurut data yang dilansir mapsofworld.com, ada sekitar 133.540.000 orang di Bangladesh yang memeluk agama Islam. Angka ini mencakup 8,4 persen jumlah populasi Muslim dunia. 90,4 persen dari total masyarakat Bangladesh memeluk agama Islam.

Islam pertama kali diperkenalkan di Bengal selama kekhalifahan Rasyidin pada abad ke-8, khususnya oleh kedatangan para pedagang dari Persia, Arab, dan para misionaris lainnya. Salah satu arsitektur Islam paling terkenal di negara ini adalah Baitul Mukarram, yang? merupakan Masjid Nasional Bangladesh yang dibangun pada tahun 1962 di Dhaka. Bangunan ini memiliki bentuk menyerupai Ka’bah.

5.Nigeria

nigeria

Negara yang beribukota di Abuja ini menempati posisi kelima sebagai negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Menurut data yang dilansir mapsofworld.com, ada sekitar 77.300.000 orang di Pakistan yang memeluk agama Islam. Angka ini mencakup 4,8 persen jumlah populasi Muslim dunia.

Islam masuk ke utara Nigeria pada awal abad ke-9, dan terus menyebar di bawah kerajaan Kanem-Bornu, terutama pada masa pemerintahan Humme Jilmi. Islam kemudian menyebar ke kota-kota besar di bagian utara Nigeria pada abad ke-16.

Inilah lima negara dengan jumlah Muslim terbesar di dunia. Selamat menunaikan ibadah Puasa!

5 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar di Dunia | Klik Seru | 4.5

loading...