5 Modus Penipuan Facebook yang Marak

Facebook

KlikSeru.com – Di satu strategi bisnis, jika ingin sukses jualan maka lakukan itu di tempat yang ramai. Ini ternyata juga berlaku untuk tindak kejahatan maya. Berikut sejumlah modus penipuan yang kerap menyandera pengguna FB, sebuah jejaring sosial yang tak hanya ramai namun berjubel dengan miliaran pengguna.

1. Pancing rasa penasaran

Satu sifat alamiah manusia ialah mereka kerap penasaran akan hal baru. Bicara hal baru di FB, tombol dislike adalah salah satunya. Lewat iming-iming informasi tombol baru itu pengguna FB digiring untuk lakukan aksi klik ke tautan “berbahaya”.

2. Hadiah wah

Selain rasa penasaran, sifat alamiah lain yakni rasa ketertarikan tinggi akan penawaran hadiah wah. Siapa yang tak ingin iPad, Galaxy S5, atau bahkan mobil. Berikan diskripsi bombastis yang berujung perintah “klik di sini”, pengguna FB terjebak akal bulus penjahat maya.

3. Konten palsu

Untuk konten yang satu ini jenisnya beragam. Umumnya yang paling populer adalah video. Contoh nyata, ketika heboh pemberitaan hilangnya pesawat Malaysia Airlines, di FB senter dialirkan video penemuan pesawat tersebut di lokasi tertentu. Padahal tautan tersemat hantarkan ke laman tak bertanggungjawab.

4. Pura-pura berteman

Penjahat maya dalam satu usaha memuluskan aksi mereka terkadang berusaha meniru pengguna lain atau user asli. Jika sudah goal upaya mereka, kemudian tinggal menipu teman FB akun yang dikloning untuk lancarkan aksinya. Misalkan saja meminjam uang.

5. Facebook permium

Rumor ini jadi “ancaman” efektif bagi mereka maniak Facebook. Hadirkan informasi FB miliki fitur premium atau berbayar, penjahat maya bisa mengeruk uang. Ada satu ancaman klasik yang kerap dilayangkan, jika tak bayar maka akun ditutup.

loading...
5 Modus Penipuan Facebook yang Marak | Klik Seru | 4.5