40 Tahun Lagi, Manusia Bisa Hidup di Bulan

bulan

KlikSeru.com – Astronot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Chris Hadfield, percaya bahwa dalam jangka waktu 30-40 tahun lagi manusia pasti sudah bisa hidup di Bulan.

“Ini adalah pola yang sudah kita ikuti sejak 70.000 tahun. Kita secara bertahap menyebar ke seluruh dunia. Dalam 100 tahun terakhir, kita sampai ke Antartika dan menghabiskan berbulan-bulan di sana,” katanya.

“Saya pikir dalam masa hidup saya kita akan melihat basis permanen di Bulan. Memulai tinggal di Bulan akan membantu kita mengeksplorasi antariksa lebih baik,” imbuh Hadfield seperti dikutip Telegraph, Senin (16/12/2013).

loading...

Hadfield juga percaya bahwa hanya dalam waktu 15 tahun lagi International Space Station sudah harus dinonaktifkan. Sementara itu, hanya dalam jangka waktu 70 tahun, manusia pasti sudah bisa hidup di Mars.

Editor Scientific American, Clara Moskowitz, dalam wawancara dengan Foxnews, Rabu (18/12/2013), juga memiliki keyakinan yang sama. Manusia pada dasarnya sudah punya teknologi yang mendukung untuk tinggal di Bulan.

“Tinggal di Bulan sebenarnya adalah soal funding,” katanya. Manusia tinggal mengupayakan roket, habitat untuk tinggal agar terhindar dari radiasi Matahari, dan mengupayakan cara mendapatkan makanan.

Moskowitz menuturkan, untuk bisa tinggal di Bulan, kerja sama antar-negara dibutuhkan. Amerika Serikat takkan mampu mengupayakan sendiri dengan dana terbatas. Kerja sama antara negara yang sudah mantap dalam teknologi antariksa, seperti Rusia, China, dan India, diperlukan.

loading...
40 Tahun Lagi, Manusia Bisa Hidup di Bulan | Klik Seru | 4.5