3 Kebiasaan Berbahaya Pengguna Media Sosial

media sosial

KlikSeru.com – Dari data yang dirilis oleh Norton Cyber Crime Report pada 2012 lalu, sedikitnya terdapat 556 juta kejahatan Cyber yang terjadi di Indonesia. Ini berarti tiap detiknya ada 18 kejahatan digital dengan jaringan internet berlangsung.

Diungkap oleh Product Marketing Manager Symantec untuk wilayah Asia Selatan, Philip Routley, kejahatan cyber kebanyakan menggunakan media sosial sebagai modus utamanya. Sebabnya karena pengguna internet terkenal sangat mudah mengobral informasi pribadi di jejaring sosial.

“Ada yang salah dengan cara kita memperlakukan media sosial. Kebanyakan dari kita melihat media sosial sebagai tabungan bank yang dapat menyimpan berbagai data dan informasi penting milik pribadi dengan aman. Ini jelas salah,” ungkap Philip.

Walau sangat berbahaya, Philip mengungkapkan hal ini telah menjadi semacam kebiasaan yang sangat sulit diubah. Ia pun akhirnya menyarankan ada tiga kebiasaan yang harus dihindari agar tak menjadi salah satu korban cyber dengan menjamin amannya informasi pribadi.

Ketiga kebiasan yang harus dihidari tersebut adalah:

1. Jangan lupa log-out jika sudah selesai mengakses akun media sosial, baik via aplikasi ataupun browser. 39% kejahatan melalui media online berawal dari tidak atau lupa log-out, dirilis dari Norton Report 2013.

2. Jangan berbagi password akun media sosial Anda dengan orang lain. Password di media online selayaknya PIN bank akun Anda. Karena itu, pastikan hanya Anda yang tau kombinasi huruf atau angka tersebut.

3. Jangan berteman dengan akun media sosial lain yang Anda tidak kenal. Ini pun berbahaya mengingat orang yang tak Anda kenal tersebut bisa saja menyisipkan virus atau malware berbahaya yang dapat menyusup ke jaringan komputer Anda.

3 Kebiasaan Berbahaya Pengguna Media Sosial | Klik Seru | 4.5

loading...